Penulis Utama : Dwi Fitriyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113016
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Anak Tunalaras Kelas VII di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun 2016/2017
Edisi :
Imprint : surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Luar Biasa - K5113016-2017
Subyek : PENGARUH ANAK TUNALARAS, PRESTASI BELAJAR, ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA), METODE CARD SORT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada anak tunalaras di kelas VII SLB E Bhina Putera Surakarta tahun 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design, dimana sekelompok subjek diberikan perlakuan untuk jangka waktu tertentu. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak tunalaras kelas VII di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun 2016/2017, yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 5 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data nonparametrik yaitu Tes Uji Ranking Bertanda (Wilcoxon Signed Rank Test), dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian ini adalah nilai tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada nilai pre-test dan post-test siswa. Pada saat pre-test, nilai rata-rata siswa adalah 51.43, namun setelah diadakan treatment nilai rata-rata post-test siswa naik secara signifikan menjadi 75.71. Signifikan atau Z hitung hasil tes statistik dengan menggunakan program olah data SPSS versi 22 adalah 0.042 berada dibawah 0.05. Oleh karena nilai probabilitas Z hitung dari Tes Uji Ranking Bertanda lebih kecil daripada probabilitas kesalahan 5% (? = 0.05), dan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh rata-rata pre-test 51.43 dan post-test 75.71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Card Sort berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada anak tunalaras kelas VII di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun 2016/2017. 

Kata Kunci: pengaruh anak tunalaras, prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), metode Card Sort 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.
2. Sugini, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP