Penulis Utama : Stefan Ardi
NIM / NIP : F1315090
×

ABSTRAK

Ketepatan waktu pelaporan keuangan merupakan penyampaian dan publikasi laporan keuangan perusahaan pada batas waktu yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, size (ukuran perusahaan), dan opini audit terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Pengukuran yang digunakan untuk mengukur ketepatan waktu pelaporan keuangan adalah berdasarkan pada batas waktu yang telah ditentukan oleh Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan No. KEP-431/BL/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 131 sampel penelitian selama 3 periode. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi panel menggunakan software statistik Eviews 8.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan (2) likuiditas tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan (3) size berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan (4) opini audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan.
Kata kunci:  profitabilitas, likuiditas, size, opini audit, dan ketepatan waktu pelaporan keuangan.

 

×
Penulis Utama : Stefan Ardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315090
Tahun : 2017
Judul : Analisis profitabilitas, likuiditas, size dan opini audit sebagai determinan ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2013-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Akuntansi Transfer-F1315090-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Budiatmanto, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.