Penulis Utama : Dyah Ayu Almuhqni
NIM / NIP : E0015125
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk terjadinya wanprestasi dalam transaksi e-commerce dan perlindungan hukum pembeli dalam transaksi e- commerce.
Penelitian hukum ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan perundang undangan dan pendekatan kasus. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder  yang  diperoleh  melalui studi pustaka dengan teknik  analisis  metode deduksi.
Bentuk  wanprestasi  dalam  transaksi  e-commerce  yaitu  ketidaksesuaian
antara  barang  yang  sebagaimana  dijanjikan,  tidak  melakukan  kewajibannya, ketidak sesuaian antara waktu yang dijanjikan dan adanya kecacatan tersembunyi dari barang yang diberikan. Selanjutnya perlindungan yang diberikan kepada pembeli atas wanprestasi penjual tersebut tunduk pada ketentuan UUPK dan UU ITE dalam memberikan perlindungan represif dan preventif.   Perlindungan preventif juga diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi selaku pengawas transaksi elektronik, berupa website untuk memerangi penjual yang tidak beritikad baik. Namun, baik UUPK maupun UU ITE dirasa kurang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap konsumen dalam transaksi e- commerce

×
Penulis Utama : Dyah Ayu Almuhqni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015125
Tahun : 2019
Judul : Perlindungan hukum terhadap pembeli atas wanprestasi penjual dalam transaksi e-commerce
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015125-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Munawar Kholil S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.