Penulis Utama : Nur Rizal Ananto
NIM / NIP : B3216040
×

Desa Wisata Pulesari merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kelurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini mampu mendatangkan banyak wisatawan dikarenakan kemampuannya dalam melakukan pemasaran dan pelayanan prima terhadap wisatawan sehingga membuat wisatawan berkunjung dan kembali lagi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data antara lain observasi partisipan, wawancara terstruktur, studi dokumen, dan studi pustaka. Setelah mengumpulkan data-data lapangan, penulis menganalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yang dilakukan secara observasi langsung di Desa Wisata Pulesari dan juga observasi langsung terhadap wisatawan yang berkunjung.
Hasil dari penelitian ini mengenai deskripsi pemasaran yang dilakukan pihak pengelola Desa Wisata Pulesari. Pemasaran pada penelitian ini meliputi saat awal berdirinya Desa Wisata Pulesari hingga pada saat ini. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis cara memasarkan  produk yang dimiliki Desa Wisata Pulesari dengan menggunakan beberapa dimensi variabel pemasaran yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physichal evidence (bukti fisik), dan process (proses) terhadap calon wisatawan yang akan mengunjungi Desa Wisata Pulesari. Melalui penelitian tersebut ditemui bahwa pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Pulesari terhadap calon wisatawan efektif serta efisien sehingga membuat jumlah wisatawan yang berkunjung selalu meningkat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemasaran yang dilakukan pengelola Desa Wisata Pulesari terhadap calon wisatawan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengelola. Desa Wisata Pulesari mampu mendatangkan wisatawan yang banyak dan selalu meningkat

×
Penulis Utama : Nur Rizal Ananto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216040
Tahun : 2019
Judul : Pemasaran desa wisata Pulesari kabupaten Sleman dalam meningkatkan jumlah wisatawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-B3216040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.ST, M.MPar
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.