Penulis Utama : Rilo Pambudi
NIM / NIP : C0514051
×

perubahan-perubahan apa saja yang terjadi pada tahun tersebut serta bagaimana hubungan antara ketoprak dengan tradisi masyarakat di Pati. Penentuan batas periodesasi penelitian ini didasarkan pada kemunculan kelompok ketoprak pertama di Pati yaitu Cahyo Mudho pada tahun 1950, kemudian di akhiri pada tahun 2000 sebegai titik balik perkembangan ketoprak di Pati yang di tandai dengan lahirnya kelompok-kelompok ketoprak baru di Pati.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: heuristik berupa pencarian dokumen mengenai dinamika perkembangan ketoprak di Pati, buku-buku referensi, serta wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat secara langsung dalam kesenian ketoprak di Pati. Tahap selanjutnya ialah verifikasi terhadap sumber-sumber tersebut, interpretasi dan historiografi atau tahap penulisan penelitian ini.

Berdasarkan analisis terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul, dapat diketahui bahwa kesenian ketoprak di Pati telah mengalami berbagai dinamika dan perubahan sepanjang tahun 1950-2000. Perubahan tersebut meliputi beberapa aspek, diantaranya adalah bentuk pementasan dan segala aspek panggungnya serta sitem pengelolaanya. Dinamika dan perubahan yang terjadi pada Kesenian ketoprak di Pati tahun 1950-2000 secara garis besar dibagi menjadi tiga periode besar. Periode tersebut yaitu, tahun 1950-1970 dimana pementasan dan pengelolaan ketoprak masih tradisional. Kemudian tahun 1970-1990 dimana sudah mulai ada perubahan dan sistim pengelolaan pada Kesnian ketoprak di Pati. dan yang terakhir adalah tahun 1990-2000 dimana ketoprak telah mulai melebur dengan tradisi dan modernisasi.

Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesenian ketoprak di Pati tahun 1950-2000 telah mengalami berbagai dinamika dan perubahan. Perubahan-perubahan tersebut ditempuh sebagai langkah agar ketoprak di Pati tetap eksis dan tidak ditinggalkan masyrakat pendukungnya

×
Penulis Utama : Rilo Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0514051
Tahun : 2019
Judul : Kesenian Ketoprak di kabupaten Pati tahun 1950-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Ilmu Sejarah-C0514051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.