Penulis Utama : Gabriela Vita Saraswati
NIM / NIP : F1317036
×

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tata kelola perusahaan atau yang sering  disebut corporate governance terhadap praktik pengungkapan tanggungjawab sosial berupa corporate social responsibility. Semakin bekembangnya zaman perusahaan dan sistem  pengelolaan juga semakin berkembang. Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang pemanfaatkan sumber daya alam dan manusia sebagai kegiatan usaha dan perusahaan tersebut telah go-publik. Perusahaan yang melakukan kegiatan yang berpotensi memiliki hubungan dengan masyarakat harus memiliki tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial tersebut sering disebut Corporate Social Responsibility.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tata kelola perusahaan atau yang sering  disebut corporate governance terhadap praktik pengungkapan CSR yang merupakan bagian dari pengungkapan pengungkapan sustainability report Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi linear berganda menggunakan data panel. Corporate governance dalam penelitian ini diimplementasikan oleh Ukuran anggota Dewan komisaris, Proporsi anggota dewan komisaris independen, Proporsi anggota dewan komisaris wanita dan ukuran komite audit. Uji regresi data panel menggunakan bantuan software Eviews versi 9.0. Dari pengujian model estimasi didapatkan random effect model sebagai estimasi terpilih. Hasil dari penelitian ini adalah ukuran anggota dewan komisaris , proporsi anggota dewan komisaris independen, proporsi anggota dewan komisaris independen dan ukuran komite audit memiliki pengaruh positif terhadap praktik pengungkapan corporate social responsibility

Kata Kunci: corporate social responsibility, corporate governance, pengungkapan

×
Penulis Utama : Gabriela Vita Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1317036
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan BUMN Non Keuangan di Indonesia (Studi Empiris Perusahaan BUMN Non Keuangan Periode 2015-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi : ....p.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-F1317036-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.