Penulis Utama : Bilqisti Khusnul Khatimah
NIM / NIP : B0115013
×

Naskah Hikayat Maharaja Rawana merupakan salah satu Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana suntingan teks PBWG yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi, dan (2) Apakah nilai-nilai filosofis yang terdapat pada gerakan tari Wirèng Golèk dalam teks Pratélan Bêksa Wirèng Golèk?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yaitu: (1) Menyajikan suntingan teks PBWG yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi, dan (2) Mengungkapkan nilai-nilai filosofis yang terdapat pada gerakan tari Wirèng Golèk dalam teks Pratélan Bêksa Wirèng Golèk.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian filologi yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah dengan judul Pratélan Bêksa Wirèng Golèk bernomor katalog G 50 koleksi perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah teks PBWG mengenai nilai-nilai filosofis yang terkandung pada gerakan tari Wirèng Golèk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan inventarisasi melalui katalog-katalog naskah, dilanjutkan deskripsi, dan digitalisasi kemudian ditransliterasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah secara filologi dengan melakukan kritik teks untuk membuat teks mendekati aslinya. Kemudian analisis data kajian isi dilakukan untuk mengungkapkan kandungan nilai filosofis yang terkandung pada gerakan tari Wirèng Golèk.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Naskah Pratélan Bêksa Wirèng Golèk merupakan naskah jamak yang tersimpan di Perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegara Surakarta. Kemudian ditemukan varian-varian, yaitu lakuna huruf berjumlah 2 kata, adisi huruf berjumlah 3 kata, hiperkorek berjumlah 3 kata, dan korup berjumlah 4 kata. Melalui varian-varian tersebut dikritisi untuk memperoleh suntingan teks yang bersih dari kesalahan. Dengan demikian hasil suntingan teks diketahui bahwa naskah Pratélan Bêksa Wirèng Golèk dengan nomor katalog lokal G 50 ditetapkan sebagai naskah yang autoritatif.  (2) Nilai-nilai filosofis yang terdapat pada gerakan tari Wirèng Golèk dalam teks Pratélan Bêksa Wirèng Golèk yaitu menggambarkan perjalanan hidup dari seorang wanita yang beranjak dewasa dan tertarik untuk merias diri. Selain itu, nilai-nilai filosofis pada gerakan tari Wirèng Golèk yang terdapat dalam teks Pratélan Bêksa Wirèng Golèk mengajarkan bahwa manusia seharusnya introspeksi diri dan mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik

×
Penulis Utama : Bilqisti Khusnul Khatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115013
Tahun : 2019
Judul : Pratélan Bêksa Wirèng Golèk (suatu kajian filologis dan kajian nilai filosofis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Sejarah-B0115013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supardjo, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.