Penulis Utama : Uki Indarwati
NIM / NIP : B0215055
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana realisasi tindak tutur direktif dalam acara “Kilau DMD Juara”?, dan (2) Bagaimana realisasi strategi kesantunan dalam acara “Kilau DMD Juara”?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif dalam acara “Kilau DMD Juara”, (2) mendeskripsikan realisasi strategi kesantunan dalam acara “Kilau DMD Juara”.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah acara “Kilau DMD Juara” di MNC TV. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah tuturan dewan juri dalam acara “Kilau DMD Juara” yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik rekam dan catat. Sementara itu, metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, (1) terdapat lima subtindak tutur direktif, meliputi menyuruh, menyarankan, meminta, melarang, menuntut. (2) penggunaan strategi kesantunan pada penelitian ini meliputi strategi tanpa basa-basi, strategi kesantunan positif terdiri dari dua substrategi, strategi kesantunan negatif terdiri dari tiga substrategi dan strategi samar-samar terdiri dari dua substrategi. Selain keempat strategi tersebut, ditemukan satu gabungan antar substrategi negatif dan kombinasi antara strategi positif dan strategi negatif

×
Penulis Utama : Uki Indarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215055
Tahun : 2019
Judul : Tindak tutur direktif dan strategi kesantunan dalam acara “Kilau DMD Juara” di MNC TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-B0215055-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum
2. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.