Penulis Utama : Sarah Meilita Indrani
NIM / NIP : E0013375
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian arbitrase online dengan sistem hukum di Indonesia dan untuk mengetahui penerapan arbitrase online di Indonesia sebagai salah satu cara penyelesaian sengketa bisnis. Dalam penelitian ini juga berisikan mengenai prosedur daripada arbitrase online serta kelebihan dan kelemahan arbitrase online sebagai cara penyelesaian sengketa bisnis.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum  normatif. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan sumber data penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deduksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa arbitrase online sesuai tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Sedangkan untuk penerapan dari arbitrase online itu sendiri sebenarnya belum diterapkan di Indonesia, hanya saja prosedur untuk melakukan arbitrase online sama hal nya dengan prosedur arbitrase konvensional, perbedaannya pada arbitrase online dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Tahapan prosedur arbitrase online yaitu diawali dengan adanya perjanjian untuk menyelesaikan sengketa melalui arbitrase scara online, pengajuan perkara, pemilihan arbiter, pertukaran informasi, audiensi, dan memberitahukan putusan.

Kata kunci : Arbitrase Online, Penyelesaian Sengketa Bisnis

×
Penulis Utama : Sarah Meilita Indrani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013375
Tahun : 2017
Judul : Keberadaan Arbitrase Online sebagai Cara Penyelesaian Sengketa Bisnis di Indonesia
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi. Ilmu Hukum - E0013375-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.