Penulis Utama : Rosyida Dewi
NIM / NIP : K7115155
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep membandingkan pecahan sederhana pada peserta didik kelas III SD Negeri Asinan 2, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Asinan 2 yang berjumlah 21 peserta didik terdiri dari 11 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep membandingkan pecahan sederhana pada peserta didik kelas III SD Negeri Asinan 2 meningkat dengan penerapan model pembelajaran pair checks. Peningkatan tersebut terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal mulai dari pratindakan, siklus I, sampai siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 55,55 dengan persentase ketuntasan sebesar 14,28%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73,55 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,90%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,93 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,48%.
Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan pemahaman konsep membandingkan pecahan sederhana pada peserta didik kelas III SD Negeri Asinan 2, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019

×
Penulis Utama : Rosyida Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115155
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan pemahaman konsep membandingkan pecahan sederhana dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks (penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas III SD Negeri Asinan 2 kecamatan Bawen kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PGSD-K7115155-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M.Pd
2. Fadhil Purnama Adi, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.