Penulis Utama : Ekky Elvira Yolanda
NIM / NIP : E0013150
×

Abstrak
Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kekuatan pembuktian visum et repertum tulang kerangka korban dan hasil pemeriksaan tes DNA (Deoxyribonucleic Acid) dalam tindak pidana pembunuhan yang disertai dengan tindak pidana lain dengan Pasal 184 ayat (1) huruf c KUHAP dan kesesuaian pertimbangan hukum Hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa pelaku tindak pidana pembunuhan yang disertai dengan tindak pidana lain  dengan Pasal 183 junctoPasal 193 ayat (1) KUHAP.
Penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif atau biasa disebut dengan penelitian hukum doktrinal yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum primer terdiri dari perundang-undangan dan putusan Hakim.Adapun bahan hukum sekunder berupa semua publikasi tentang hukum yang bukan merupakan dokumen-dokumen resmi. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan  kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan metode studi kepustakaan dan analisis bahan hukum dengan metode deduksi.
Hasil pembahasan menjelaskan bahwa pembuktian Penuntut Umum dalam tindak pidana pembunuhan yang disertai dengan tindak pidana lain berdasarkan visum et repertum dan pemeriksaan tes  DNA (Deoxyribonucleic Acid)  terhadap tulang kerangka korban telah sesuai dengan Pasal 184 ayat (1) huruf c KUHAP. Hakim dalam menjatuhkan putusan harus didasarkan pada minimal 2 (dua) alat bukti yang sah dan keyakinan Hakim sesuai dengan Pasal 183 ayat (1) KUHAP serta harus mempertimbangkan unsur non yuridis yang berisi hal-hal yang meringankan dan hal-hal yang memberatkan Terdakwa. Apabila ketentuan tersebut sudah terpenuhi maka sesuai dengan Pasal 193 ayat (1) KUHAP Hakim berwenang untuk menjatuhkan pidana kepada Terdakwa yang telah dinyatakan melanggar Pasal 339 KUHP.

Kata Kunci: Pembuktian, Visum Et Repertum dan Tes DNA, Pembunuhan yang Disertai Tindak Pidana Lain.

×
Penulis Utama : Ekky Elvira Yolanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013150
Tahun : 2017
Judul : Upaya Pembuktian dengan Pemeriksaan Tes DNA dan Visum Et Repertum Tulang Kerangka Korban Pembunuhan yang Diikuti dengan Tindak Pidana Lain (Studi Putusan Nomor : 21/PID.B/2016/PN. WNG)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi. Ilmu Hukum - E0013150-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.