Penulis Utama : Mohamad Yusuf Kandahlawy
NIM / NIP : K7114110
×

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Picture Word Inductive Model (PWIM) pada Peserta didik kelas V SD Negeri Pasiraman Lor tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu tahap perencanaan, pengamatan, pelaksanaan, dan refleksi. 
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang terdiri 10 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menunjukan analisis data deskriptif kualitatif. Aspek yang dinilai dalam menulis puisi adalah kebaruan tema dan makna, kekuatan imajinasi, ketepatan diksi, pendayaan pemajasan, dan respon afektif guru. 
Hasil penelitian adalah persentase ketuntasan keterampilan menulis puisi peserta didik adalah pratindakan 23,53%, siklus I 58,82%, dan siklus II 88,24%. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dapat ditingkatkan  menggunakan Picture Word Inductive Model pada peserta didik kelas V SD Negeri Pasiraman Lor, Kabupaten  Banyumas Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, Picture Word Inductive Model (PWIM), kualitas hasil belajar, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Mohamad Yusuf Kandahlawy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114110
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Picture Word Inductive Model (PWIM) pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Pasiraman Lor Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 145 p. ; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak.KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114110-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M. Hum.
2. Dra. Sularmi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.