Penulis Utama : Rivan Alvian Pamungkas
NIM / NIP : F1117052
×

Kegiatan Otonomi daerah secara umum dipandang sebagai salah satu kebijakan yang bersifat demokratis dan memenuhi aspek dari desentralisasi yang sesungguhnya. Dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2004 juga dijelaskan desentralisasi adalah penyerahan wewenang oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam penerapan sistem otonomi daerah tersebut, pemerintah pusat telah membagi berbagai sumber alokasi pembiayaan yang  diperuntukkan  kepada  masing-masing  daerah otonom dalam  melaksanakan tugas dan kewajiban yang telah dilimpahkan sesuai dengan yang telah diatur dalam UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menemukan pengaruh PDRB, Inflasi, Jumlah penduduk dan investasi terhadap pendapatan asli  daerah di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur periode 2008-2017.  

Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Perencanaan Pembangungan Daerah (BAPPEDA) Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi data panel.   
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa inflasi tidak berpengaruh   signifikan dan investas positif berpengaruh tidak signifikan terhadap pendapatan  asli daerah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Sedangkan PDRB dan Jumlah Penduduk berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur tahun 2008-2017 
Diharapkan pemerintah mengembangkan serta memperbaiki atau meningkatkan dalam hal kualitas sehingga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan pemerintah dapat mempermudah atau menyederhanakan mengenai prosedur-prosedur dalam PMA dan PMDN, sehingga masyarakat dalam negeri dapat ikut terlibat dalam memajukan dimana sektor tersebut  mempunyai potensi  besar  yang  dapat meningkatkan  pendapatan asli daerah. 

Kata Kunci : PAD, PDRB, Inflasi, Jumlah Penduduk, Investasi

×
Penulis Utama : Rivan Alvian Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117052
Tahun : 2020
Judul : Analisisis Faktor-faktor yang Mempegaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur Periode 2008-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi : 100 p.: ilus. ; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Studi Ekonomi Pembangunan-F1117052-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.