Penulis Utama : Aditya Pradana
NIM / NIP : K4414001
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta terhadap nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin, 2) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta, 3) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1MAN 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan informan utama guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yaitu interaksi antara tiga komponen analisis, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan secara siklus dengan pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keteladanan Khulafaurasyidin oleh Guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta dipahami sebagai nilai-nilai yang dimiliki oleh para tokoh Khulafaurasyidin, diantaranya mencakup hal-hal yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin, memiliki keyakinan yang kuat terhadap agama yang dianut, memiliki persaudaraan sesama muslim dan memiliki keberanian dalam menyampaikan kebenaran; (2) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam perencanaan pembelajaran SKI dituangkan dalam RPP dicantumkan secara tersirat yaitu nilai religius dan nilai moral, terletak pada tahap-tahap pembelajaran di bagian pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; dan (3) Implementasi  nilai-nilai keteladanan  Khulafaurasyidin dalam pembelajaran  Sejarah Kebudayaan  Islam  melalui penjelasan guru  saat pembelajaran di kelas tentang nilai-nilai yang dapat diambil dari materi Khulafaurasyidin, dengan cara diskusi kelompok, tugas mandiri dan presentasi. Untuk melihat keberhasilan implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin diukur dengan aspek kognitif dilakukan ujian tertulis dalam bentuk soal uraian. Aspek afektif dilakukan pengamatan terhadap sikap peserta didik. Aspek psikomotorik melalui penilaian terhadap aktivitas diskusi dan presentasi peserta didik.

Kata Kunci : nilai-nilai keteladanan, Khulafaurasyidin, pembelajaran SKI

 

×
Penulis Utama : Aditya Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414001
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Nilai-Nilai Keteladanan Khulafaurasyidin dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sejarah-K4414001-2019
Kata Kunci : nilai-nilai keteladanan, Khulafaurasyidin, pembelajaran SKI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isawati, S.Pd, MA.,
2. Dr. Musa Pelu, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.