Penulis Utama : Florentina Diana Putri L
NIM / NIP : K7115066
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap sosial kerjasama peserta didik melalui penerapan model Decision Making pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN Munggung 1 Surakarta pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik yaitu 20 peserta didik.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan empat komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Decision Making dapat meningkatkan sikap sosial kerjasama. Peningkatan hasil sikap sosial kerjasama diketahui melalui hasil observasi dan pengisisan angket yang dilaksanakan pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan ketuntasan peserta didik pada pra tindakan yaitu 25% atau hanya 5 peserta didik yang mencapai kategori sikap sosial kerjasama membudaya, kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Decision Making pada pelaksanaan siklus I menjadi 40%, meningkat pada siklus II menjadi 55%, dan pada siklus III menjadi 80%.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model  pembelajaran Decision Making dapat meningkatkan sikap sosial kerjasama peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Sikap Sosial Kerjasama, model pembelajaran Decision Making

 

×
Penulis Utama : Florentina Diana Putri L
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115066
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Desicion Making untuk Meningkatkan Sikap Sosial Kerjasama pada Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115066-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sadiman S.Pd, M.Pd,
2. Dr. Chumdari, M. Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.