Penulis Utama : Rosa Trishantya Widyasari
NIM / NIP : K7114157
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pekalian dan pembagian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas II SDN Prawit I No.69 tahun pelajaran 2017/2018 dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas II SDN Prawit I No.69 tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Prawit I No.69 yang berjumlah 32 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah validitas triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil tindakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar perkalian dan pembagian secara klasikal pada pratindakan adalah 32,25 dengan persentase peserta didik dengan kategori motivasi tinggi secara klasikal sebesar 15,63%. Tindakan siklus I menghasilkan kenaikan skor rata-rata klasikal menjadi 47,42 dengan persentase peserta didik dengan kategori motivasi tinggi secara klasikal sebesar 37,5%. Tindakan siklus II menghasilkan kenaikan skor rata-rata klasikal menjadi 58,25 dengan persentase peserta didik dengan kategori motivasi tinggi secara klasikal sebesar 68,75%. Tindakan siklus III menghasilkan kenaikan skor rata-rata klasikal menjadi 62,5 dengan persentase peserta didik dengan kategori motivasi tinggi secara klasikal sebanyak 84,38%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopratif tipe Teams Games Tournament (TGT) dilaksanakan dalam lima tahap, yang meliputi tahap class presentation, teams, games, tournament, dan team reconition. Hasil penerapan tipe model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar perkalian dan pembagian pada peserta didik kelas II SDN Prawit I No.69 tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci:  Motivasi belajar perkalian dan pembagian

×
Penulis Utama : Rosa Trishantya Widyasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114157
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Perkalian dan Pembagian pada Peserta Didik Kelas II SDN Prawit I No.69 Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7114157-2019
Kata Kunci : Motivasi belajar perkalian dan pembagian
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.,
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.