Penulis Utama : Dr. Kautsar Heridho
NIM / NIP : S501202030
×


ABSTRAK

Penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui adanya defek reseptivitas endometrium pada wanita endometriosis yang dapat menyebabkan penurunan angka keberhasilan implantasi sehingga menyebabkan infertilitas. Implantasi embrio membutuhkan proses yang harmonis dimana  keseimbangan  ekspresi  Insulin-like  Growth  Factor  -1  (IGF-1)  dan  Leptin  yang diproduksi oleh endometrium menjadi salah satu syarat dan kondisi utama. Penelitian penulis merupakan penelitian case-control dengan variabel tergantung adalah reseptivitas endometrium dan endometriosis yang didiagnosis melalui pemeriksaan klinis dan laparoskopi. Variabel bebas penulis adalah ekspresi IGF-1 dan Leptin. Subjek penelitian adalah 30 wanita   endometriosis yang menjalani operasi bedah laparoskopi, dan sebagai kontrol adalah 30 wanita normal. Penulis melakukan biopsi endometrium pada   semua subjek penelitian dilajutkan dengan pemeriksaan imunohistokimia untuk menganalisa ekspresi IGF-1 dan Leptin di endometrium.

Penulis mendapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik, dimana ekspresi IGF-1 dan Leptin pada wanita endometriosis lebih tinggi dibandingkan dengan wanita normal,  dengan nilai dan p=0.013, OR=25.33 untuk IGF-1, dan p=0.003, OR=30.333 untuk Leptin. Uji regresi linier untuk ekspresi IGF-1 dan Leptin dengan mempertimbangkan seluruh variabel luar yang ada dalam penelitian ini juga menunjukan ekspresi IGF-1dan Leptin yang lebih tinggi pada wanita endometriosis dibandingkan dengan wanita nomal, dimana secara statitik juga bermakna dengan nilai secara statistik kurang bermakna dengan nilai p=0.996; OR=0.125; CI95%= -54.367
– 54.617 untuk IGF-1, dan p=0,196; OR=33,752; CI95%=-18-010 – 85,514 untuk Leptin. IGF-1 dan Leptin dapat berperan sebagai biomarker implantasi embrio, dimana meningkat pada wanita endometriosis sehingga menyebabkan gangguan pada proses invasi embrio.

Dapat penulis simpulkan bahwa ekspresi IGF-1 dan Leptin pada wanita endometriosis lebih tinggi dibandingkan wanita normal. Peningkatan ekspresi IGF-1 dan Leptin pada wanita endometriosis menyebabkan defek reseptivitas endometrium yang menurunkan angka keberhasilan implantasi embrio sehingga menyebabkan infertilitas pada wanita endometriosis.

Kata Kunci: IGF-1, Leptin, Reseptivias Endometrium, Endometriosis.

×
Penulis Utama : Dr. Kautsar Heridho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501202030
Tahun : 2017
Judul : Gambaran Reseptivitas Endometrium pada Penderita Endometriosis ( Studi Perbedaan Ekspresi IGF-1 dan Leptin pada Penderita Endometriosis dan Normal )
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran Biomedik - S501202030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Tedjo Danudjo Oepomo, dr., SpOG (K),
2. Dr. Uki Retno Budihastuti, dr., Sp.OG (K),
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.