Penulis Utama : Francisca Devia Sugesti
NIM / NIP : G0110026
×

ABSTRAK
Transgender adalah seseorang yang merasa jenis kelaminnya saat dilahirkan tidak sesuai dengan peran gender tradisional yang dilekatkan pada dirinya. Terdapat dua jenis transgender yaitu male-to-female (MTF) yang lebih dikenal dengan waria dan female-to-male (FTM) yang lebih dikenal dengan priawan. Keberadaan priawan di Indonesia belum banyak diketahui, masyarakat lebih mengenal perempuan lesbian dengan penampilan kelaki-lakian yang disebut dengan butchy. Pengetahuan masyarakat di Indonesia yang masih minim mengenai priawan ini seringkali menimbulkan perlakuan yang diskriminatif. 
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembentukan konsep diri transgender priawan dan faktor apa saja yang mempengaruhi serta permasalahan apa saja yang dihadapi oleh individu transgender priawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah individu transgender yang terlahir dengan jenis kelamin perempuan dan menghayati gendernya sebagai laki-laki (priawan/ FTM) yang telah berusia lebih dari 21 tahun. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab pembentukan konsep diri transgender berbeda pada tiap-tiap subjek. Pada subjek I,faktor yang paling menonjol ialah faktor biologis yaitu masa kecil subjek yang sudah memiiki fisik dan berpenampilan  seperti laki-laki. Pada subjek II, faktor yang paling menonjol ialah faktor psikologis yaitu adanya perasaan kagum yang berlebihan pada sosok ayah dan sejak kecil berperan sebagai pengganti ayahnya bagi ibu subjek, adapun pada subjek III faktor yang paling menonjol ialah faktor psikologis yaitu adanya trauma dan dendam pada sosok ayah sehingga subjek memiliki keinginan untuk menjadi laki-laki yang jauh lebih baik dari ayahnya.  Ketiga subjek memiliki faktor sosial yang sama yaitu sejak kecil lebih senang bermain dan memainkan permainan anak laki-laki. Permasalahan yang umum dialami subjek yaitu hubungan yang kurang harmonis dengan keluarga, body image yang negatif, stres minoritas seksual, serta relasi sosial dengan lingkungan subjek. 

Kata kunci: transgender priawan, konsep diri

×
Penulis Utama : Francisca Devia Sugesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0110026
Tahun : 2017
Judul : Dilematika Konsep Diri Transgender Priawan (Studi Fenomenologi)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Psikologi - G0110026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi, M.Si., FIAS
2. Arif Tri Setyanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.