Penulis Utama : Jessica Refi Proborini
NIM / NIP : D1516054
×

Diklat Kepemimpinan merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar yang dapat memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, ketrampilan, sikap dan perilaku dalam bidang   kepemimpinan   bagi   Aparatur   Sipil   Negara   sehingga   dapat   tercapainya persyaratan  kompetensi  kepemimpinan  dalam  jenjang  jabatan  stuktural  tertentu. Tujuan dalam pengamatan ini adalah mengetahui informasi mengenai prosedur pelayanan diklat kepemimpinan bagi Aparatur Sipil Negara.

Pengamatan  dilakukan  di  Badan  Kepegawaian  Pendidikkan  dan  Pelatihan Daerah Kota Tegal yang berada di Jalan Ki Gede Sebayu No 12 Kota Tegal. Dalam pengamatan menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggambarkan prosedur pelayanan  diklat  kepemimpinan  bagi  Aaparatur  Sipil  Negara  di  Kota  Tegal  dalam bentuk uraian-uraian serta di dukung dengan data-data yang berkaitan dengan pengamatan tersebut. Sumber data dalam pengamatan ini diperoleh berdasarkan buku rencana strategis, peraturan perundang-undang yang berlaku, arsip-arsip yang berada di Badan Kepegawaian Pendidikkan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka  yang  ada  di  Badan  Kepegawaian  Pendidikkan  dan  Pelatihan  Daerah  Kota Tegal.

Hasil dari pengamatan dapat diketahui bahwa prosedur pelayanan diklat kepemimpian  diawali  dengan  tahap  penyusunan  rencana,  pengkoordinasian, pengusulan peserta diklat, penerbitan surat tugas, pemanggilan peserta Diklat, pengiriman peserta Diklat, pelaksanaan Diklat, laporan Diklat, serta pengembalian peserta Diklat. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal telah melaksanakan  Diklat  Kepemimpinan  sesuai  dengan  peraturan  peundang-undangan yaitu berdasarkan PP Nomor 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Aparatur Sipil Negara. Adapun saran dalam pengamatan ini yaitu perlu dilakukan sosialisasi mengenai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan terlebih dahulu, ini berguna untuk para peserta Diklat Kepemimpinan mengetahui tugas-tugas yang harus diterapkan   dalam   instansi   masing-masing,   selain   itu   juga   dapat   meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada di dalam instansi tersebut

 

×
Penulis Utama : Jessica Refi Proborini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516054
Tahun : 2019
Judul : Prosedur pelayanan diklat kepemimpinan bagi aparatur sipil negara di kota Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. D III Administrasi Negara-D1516054-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.