Penulis Utama : Miskah Nuzzela Birohmatik
NIM / NIP : K8112046
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar teknik montase pada anak kelompok B RA As-Syafi’iyah Juwiring Klaten 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA As-Syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016 yang berjumlah 18 orang dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil karya. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan kegiatan menggambar teknik montase. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus sejumlah 8 anak (44,44%). Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus meningkat menjadi 10 anak (55,56%). Pada siklus II ketuntasan kemampuan motorik halus anak menjadi (83,33%) atau 15 anak.
Berdasarkan uraian di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar teknik montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B RA As-Syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016

×
Penulis Utama : Miskah Nuzzela Birohmatik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112046
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar teknik montase pada anak kelompok B RA As-Syafi’iyah Juwiring Klaten 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8112046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Shaifuddin, S.Pd,. M.Pd,. M.Sn
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn,. M. A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.