Penulis Utama : Yuli Julaila
NIM / NIP : K2315064
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan tahapan proses mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi suhu dan kalor yang berkriteria baik., (2) mengetahui spesifikasi akhir multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE  Analysis,  Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang reviewer, dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 3 siswa untuk uji coba one to one, 9 siswa untuk uji coba awal dan 90 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.  
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tahap pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Fisika berbasis android meliputi: (a) tahap analysis dengan melakukan studi pustaka dan studi lapangan yang kemudian dilanjutkan dengan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada peserta didik dan guru Fisika dan menentukan tujuan pengembangan. (b) tahap design yaitu tahap perancangan kerangka multimedia pembelajaran interaktif fisika berbasis android yang akan  dikembangkan  berdasarkan  dari analisis kebutuhan yang telah dilakukan dan dilanjutkan  dengan  penyusunan instrument penilaian. (c) tahap development merupakan tahap implementasi dari perencanaan produk yang telah dilakukan, kemudian melakukan validasi oleh beberapa ahli dan merevisi multimedia pembelajaran berdasarkan saran dan masukan ahli, serta menguji coba multimedia pembelajaran interaktif berbasis android kepada siswa dan guru serta melakukan revisi sesuai saran dan masukan dari siswa dan guru. (2) Spesifikasi akhir multimedia pembelajaran interaktif Fisika berbasis android adalah menyajikan materi Suhu dan Kalor yang dilengkapi dengan konten video, gambar, contoh soal, latihan soal dengan analisis kesalahan jawaban, dan soal evaluasi akhir. Multimedia pembelajaran interaktif  Fisika berbasis android ini berbentuk aplikasi android dengan format .apk yang dapat  dipasang pada perangkat android dengan versi Gingerbread (versi 2.3) dan di atasnya tanpa menggunakan software pendukung dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8,90MB. Multimedia pembelajaran berbasis android ini bersifat interaktif karena mampu engakomodasi respon pengguna dan dijalankan sesuai kehendak pengguna serta fleksibel sehingga mudah digunakan oleh siswa di mana saja dan kapan saja. 

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Android, App Inventor, Suhu dan Kalor 

×
Penulis Utama : Yuli Julaila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315064
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Android untuk Siswa SMA/MA Kelas XI pada Materi Suhu dan Kalor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi : 75 p.; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. KIP., Program Studi Pendidikan Fisika-K2315064-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ahmad Fauzi, M.Pd.
2. Dr. Daru Wahyuningsih S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.