Penulis Utama : Panji Arga Bintara
NIM / NIP : G0014183
×

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik yang dilaksanakan di Laboratorium Anatomi dan Embriologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sampel penelitian berupa 24 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan, galur Wistar, dikelompokkan secara random menjadi: Kelompok Kontrol (KK), Kelompok Perlakuan 1 (dipapar laser akupunktur), Kelompok Perlakuan 2 (dipapar stres kronik), dan Kelompok Perlakuan 3 (dipapar stres kronik laser akupunktur). Paparan stres kronik menggunakan model unpredictable chronic mild stress (UCMS) selama 21 hari. lalu diberi paparan laser akupunktur selama 14 hari. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah paparan laser akupunktur, dan variabel terikat berupa memori spasial yang diukur dengan: Morris Water Maze yang terdiri dari Spatial Learning test, Probe test, dan Sensorimotoris test. Data dianalisa dengan uji One-way ANOVA dan Kruskal-Wallis (? = 0,05), dilanjutkan uji Post Hoc.

Hasil: Uji One-way ANOVA pada hasil Spatial learning dan probe test menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna antarkelompok (p>0,05), sedangkan uji sensorimotoris menunjukkan perbedaan bermakna antar kelompok (p = 0,035). Laser akupunktur tidak dapatmeningkatkan memori spasial yang bermakna pada tikus putih yang mengalami stres kronik. Hasil tidak bermakna ditunjukkan oleh tes spatial learning dan probe test yang disebabkan beberapa faktor.

Kesimpulan: Laser akupunktur tidak mempengaruhi memori spasial tikus putih yang dipapar stres kronik

×
Penulis Utama : Panji Arga Bintara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014183
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh laser akupunktur terhadap memori spasial tikus putih (Rattus Novergicus) setelah dipapar Unpredictable Chronic Mild Stress
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0014183-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Selfi Handayani, dr., M.Kes
2. Yunia Hastami, dr., M.MedEd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.