Penulis Utama : Bagus Supriyadi Nurdin Haq
NIM / NIP : K2513009
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media quenching terhadap struktur mikro dan nilai kekerasan pada baja S45C sebelum (raw material) dan sesudah pengelasan menggunakan metode pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Alat yang digunakan untuk uji struktur mikro dan kekerasan adalah Olympus Metallurgycal Microscope dan Vickers Hardness Tester.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil uji struktur mikro menunjukkan peningkatan struktur martensit setelah pengelasan. Pada raw material, struktur martensit belum terlihat, akan tetapi pada hasil pengelasan menggunakan metode pengelasan SMAW dengan media quenching air, oli dan udara menunjukkan bahwa struktur martensit sudah terlihat merata. (2) Nilai kekerasan pada hasil pengelasan menunjukkan adanya perbedaan tingkat kekerasan. Nilai kekerasan pada raw material baja S45C sebesar 232 VHN. Spesimen dengan media air mempunyai rata-rata nilai kekerasan paling tinggi yaitu 411 VHN, media oli mempunyai rata-rata nilai kekerasan 308 VHN, media udara mempunyai rata-rata nilai kekerasan 263 VHN. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengelasan SMAW menggunakan variasi media quenching mampu mengubah struktur mikro dan nilai kekerasan baja S45C.

Kata Kunci : SMAW, baja S45C, quenching, struktur mikro, kekerasan

×
Penulis Utama : Bagus Supriyadi Nurdin Haq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513009
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Variasi Media Quenching terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Hasil Pengelasan SMAW Baja S45C
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Teknik Mesin-K2513009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, ST., MT.
2. Dr.Eng. Nyenyep Sriwardani, ST., MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.