Penulis Utama : Difa Danaswari
NIM / NIP : D0213035
×

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan proses pertukaran informasi di antara pengguna internet. Smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Berbagai aplikasi dapat di tanamkan dalam smartphone salah satunya adalah Instagram. Sebagai media baru, Instagram banyak diminati oleh anak muda khususnya kalangan mahasiswa. Instagram menyediakan berbagai fitur untuk berkomunikasi di dunia maya. Salah satunya adalah fitur Love. Sisi visual dan interaktivitas yang ditonjolkan oleh Instagram membuatnya dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berbagai kepentingan khususnya dunia kreatif dan juga ranah bisnis. Tidak hanya itu kalangan mahasiswa Influencer juga menggunakan Instagram untuk berbagai kepentingan. Peneliti mencoba untuk mengetahui bagaimana penggunaan fitur Love pada kalangan mahasiswa Influencer di kota Yogyakarta dalam Instagram.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data Focus Group Discussion (FGD), observasi dan dokumentasi dengan 8 informan mahasiswa Influencer yang telah dipilih oleh peneliti. Pengumpulan data penelitian dilakukan selama kurang lebih 2 bulan pada periode Juni – Juli 2017. Peneliti menggunakan teknik validasi data dengan triangulation analysis yaitu menganalisis jawaban subjek penelitian dengan meneliti kebenaran berdasar data empiris di lapangan. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Computer Mediated Communication dari Walther dengan gagasan cara berkomunikasi yang dilakukan masyarakat melalui komputer maupun jaringan internet dan memungkinkan hubungan tidak secara tatap muka. Perspektif hyperpersonal dari CMC mengacu bahwa cara ini lebih pribadi bahkan (melebihi tingkat kasih sayang dan emosi) daripada komunikasi tatap muka. Teori ini juga menyebutkan bahwa individu mengeksploitasi fitur media ini karena dapat membuat kesan terbaik mereka yang dapat menarik perhatian.  
Hasil temuan menunjukkan bahwa motivasi penggunaan fitur Love oleh kalangan mahasiswa Influencer adalah untuk mewakili rasa suka terhadap konten Influencer lain, menghindari konflik dengan Influencer lain, menunjang portofolio mereka sebagai Influencer, meminta perhatian dan follow back dari Influencer lain, menjadi bentuk dukungan terhadap produksi konten Influencer lain, membantu menyebarluaskan konten sesama Influencer, menambah angka followers sesama Influencer, untuk lebih mengenal Influencer lain, hingga untuk mempertahankan hubungan interpersonal yang telah terjalin sesama Influencer.

Kata Kunci : New Media, Media Sosial, Instagram, Love, Hubungan Interpersonal, Influencer

 

×
Penulis Utama : Difa Danaswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213035
Tahun : 2017
Judul : Motivasi Penggunaan Fitur Love pada Instagram (Studi Kualitatif Motivasi Penggunaan Fitur Love dalam Instagram pada Kalangan Mahasiswa Influencer di Kota Yogyakarta Tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Ilmu Komunikasi-D0213035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos, M.LMEd. Hons.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.