Penulis Utama : Muchamad Rhoma Ade Susanto
NIM / NIP : S4105063
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan BUMN.  Corporate governance dalam penelitian ini diukur dengan dua proksinya yaitu ukuran Komite Audit, proporsi anggota Komite Audit yang berasal dari pihak independen, sementara itu kinerja keuangan BUMN diukur dengan tingkat return on equity (ROE). Penelitian ini juga menggunakan empat variabel kontrol yang mewakili karakteristik perusahaan yaitu jenis industri, umur perusahaan, total aset dan total penjualan.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian yang digunakan merupakan data sekunder bersumber dari annual report resmi yang dipublikasikan perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 10 BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2007-2014. Pengolahan data penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ukuran komite audit tidak berpengaruh terhadap ROE BUMN, sedangkan tingkat independensi Komite Audit terbukti berpengaruh terhadap ROE. Hasil memperlihatkan bahwa independensi Komite Audit merupakan faktor yang relevan mempengaruhi kinerja keuangan BUMN.

Kata Kunci: Corporate governance, audit committee, financial performance, return on equity, state owned enterprise.

 

×
Penulis Utama : Muchamad Rhoma Ade Susanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4105063
Tahun : 2017
Judul : Komite Audit dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2014)S4105063
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascsarjana, Prodi. Study Magister Manajemen - S4105063-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Agung Prabowo, M.Si., Ph.D, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.