Penulis Utama : Enggar Ayuningtyas
NIM / NIP : K7515013
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, 2) hambatan-hambatan yang dihadapi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, 3) cara mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan snowball sampling dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar sebagai informan kunci. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar melalui beberapa tahap yakni, perumusan strategi humas, penentuan strategi humas, implementasi strategi humas, dan evaluasi strategi humas; 2) hambatan yang dihadapi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yakni keterbatasan waktu dalam menjalankan kinerja Humas, guru dan karyawan kurang berkompeten dalam pengelolaan media komunikasi, kerja sama dengan DU/DI dalam menyerap tenaga kerja yang relevan dengan keahlian lulusan masih bersifat pasif, dan perilaku peserta didik belum menjunjung tinggi reputasi sekolah; 3) cara mengatasi hambatan yang dihadapi humas dalam membangun citra SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yaitu pembagian tugas dan koordinasi yang baik antar guru dan karyawan, meningkatkan kualitas kerja dengan pelatihan pengelolaan media, memperluas informasi dan meningkatkan kerja sama DU/DI melalui MoU, serta pemberian pembinaan dan pengawasan kepada peserta didik dengan baik.
Kata kunci: reputasi sekolah, tantangan humas, kinerja sekolah

 

×
Penulis Utama : Enggar Ayuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515013
Tahun : 2019
Judul : Strategi humas dalam membangun citra sekolah (studi kasus SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7515013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., Ph.D
2. Subroto Rapih, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.