Penulis Utama : Azka Amalina
NIM / NIP : K5115011
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flip fold terhadap kemampuan mengurus diri pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A yaitu dimulai dengan pengukuran baseline-1 (A1) hingga data stabil, kemudian dilanjutkan dengan intervensi (B) hingga data stabil, dan langkah terakhir pengukuran baseline-2 (A2). Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi yang disajikan dengan grafik.
Hasil analisis penelitian diperoleh nilai rata-rata 52,5 pada baseline-1 tanpa adanya tindakan dan setelah diberi intervensi berupa media flip fold nilai rata-rata meningkat menjadi 82,5. Pada baseline-2 tanpa adanya tindakan memperoleh nilai rata-rata 92,5. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengurus diri anak tunagrahita kelas IV dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flip fold berpengaruh meningkatkan kemampuan mengurus diri anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.   

Kata kunci: Pengaruh, Media Flip Fold, Mengurus Diri, Anak Tunagrahita.

×
Penulis Utama : Azka Amalina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115011
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh media flip fold terhadap kemampuan mengurus diri pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5115011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd., M.Si.,
2. Erma Kumala Sari, S.Psi., M.Psi., Psi.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.