Penulis Utama : Intan Permatasari
NIM / NIP : K4414024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah siswa melalui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media CD Interaktif dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas dengan sampel data dari kelas XI IPS 3 SMA N 4 Surakarta yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data dengan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan metode. Analisis data dilaksanakan menggunakan model analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 3 SMAN 4 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki keaktifan dengan kategori tinggi pada prasiklus yaitu 22,22%  atau sejumlah 6 siswa. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 48,14% atau sejumlah 13 siswa dan 83,33%% atau sejumlah 25 siswa pada siklus II. Perolehan persentase jumlah siswa yang memiliki keaktifan dengan kategori tinggi dan perolehan persentase rata-rata pencapaian indikator keaktifan telah melampaui target yang ditetapkan yaitu >80%; 2) Penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 4 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus persentase jumlah siswa yang dapat mencapai batas nilai ketuntasan belajar (KKM 72) yaitu 46,67%. Kemudian pada siklus I persentase jumlah siswa yang dapat mencapai batas nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi 70% dan 93,33% pada siklus II. Perolehan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa tersebut telah melampaui target yang ditetapkan yaitu > 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA N 4 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: CTL (Contextual Teaching and Learning), CD Interaktif, keaktifan, prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Intan Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414024
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 3 di Sma N 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. FKIP Prog Studi Pendidikan Sejarah-K4414024-2019
Kata Kunci : CTL (Contextual Teaching and Learning), CD Interaktif, keaktifan, prestasi belajar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak bisa diunggah
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.