Penulis Utama : Linda Harumi
NIM / NIP : S021308046
×

ABSTRAK


Latar  Belakang  :  Penanganan   Cerebral  Palsy  (CP)  di   Indonesia  masih mengalami keterbatasan karena ketersediaan layanan rehabilitasi untuk anak CP masih belum merata, masalah lainnya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan orang tua/keluarga dan masyarakat dalam penanganan CP. Modul Integratif Praktis Penanganan CP Untuk keluarga dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi yang murah, mudah dibaca semua anggota keluarga sehingga  mampu  meningkatkan  keberdayaan  keluarga  dalam  penanganan  CP tanpa terkendala ketersediaan layanan rehabilitasi, biaya, jarak, dan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Modul Integratif Praktis Penanganan CP dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keberdayaan keluarga dalam penanganan CP.


Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan satu kelompok kontrol dan satu kelompok perlakuan. Subjek penelitian sebanyak 100 orang keluarga dengan anak CP. Lokasi penelitian di Klinik Tumbuh Kembang Anak RSJD DR. RM Soedjarwadi Klaten dan YPAC Surakarta. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Variabel independent pada penelitian ini adalah Efektivitas Modul Integratif Praktis Penanganan CP dan variabel dependenya  yaitu  Pengetahuan,  Sikap  dan  Keberdayaan  keluarga  CP. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.


Hasil : Ada beda pengaruh modul pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan pengetahuan 0,84 poin lebih tinggi daripada sampel yang tidak diberikan modul integratif praktis (b=0.84; CI 95% 0.33 hingga 1.86; p = 0.002). Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan sikap sebesar 2.48 poin lebih tinggi daripada sampel yang tidak diberikan modul integratif praktis (b=2.48; CI 95% 0.85 hingga 4.10; p =
0.003). Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan keberdayaan sebesar
3.41  poin  lebih  tinggi  daripada sampel  yang tidak diberikan modul  integratif praktis (b = 3.41; CI 95% 1.34 hingga 5.48; p = 0.001).


Kesimpulan : Modul Integratif Penanganan CP Untuk Keluarga Efektif dalam meningkatkan keberdayaan keluarga anak CP.

Keywords : Modul, cerebral palsy (CP), pengetahuan, sikap, keberdayaan

 

×
Penulis Utama : Linda Harumi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021308046
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Modul Integratif Praktis dalam Pemberdayaan Keluarga dengan Anak Cerebral Palsy
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascsarjana, Prodi. Study Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat- S021308046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., MPd.,
2. Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.