Penulis Utama : Gatut Wicaksono Gautama Widyobroto
NIM / NIP : A131302004
×

ABSTRAK

Kota hijau mengandung pengertian kota yang ramah lingkungan, mensinergikan lingkungan alami dan buatan, yang berpihak pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan secara ekologi, sosial dan ekonomi dengan menjamin kesehatan lingkungan, memanfaatkan secara efektif dan efisien sumber daya air, energi, mengurangi produksi limbah dan menerapkan sistem transportasi terpadu rendah emisi. Dalam  upaya  menghadapi  dampak  dari  perubahan  iklim,  maka pembangunan  Kota Hijau  mulai  dicanangkan  di  beberapa negara di  dunia  dengan  tujuan  agar masing- masing kota dapat berkontribusi dalam upaya menurunkan emisi karbon dalam rangka mitigasi dampak pemanasan  global. Di  Indonesia upaya ini tengah dimulai dengan berbagai program berbasis masyarakat diantaranya adalah Program Kampung Iklim.
Penelitian ini memusatkan kajiannya pada kesesuaian Program Kampung Iklim yang dalam mendukung upaya mewujudkan Kota Hijau yang dilaksanakan di Kampung Sekip RT.004 RW.023 Kelurahan Kadipiro Banjarsari Surakarta dengan analisis dari aspek perencanaan kota yang mangakomodasi Kota Hijau. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deduktif dengan analisis campuran. Hasil penelitian ini menunjukan Program Kampung Iklim dalam mendukung upaya mewujudkan kota hijau pada tingkat kesesuaian dengan skor 91% ditinjau dari beberapa aspek konsep Kota Hijau terkait perencanaan kota sesuai dengan kondisi, karakteristik lingkungan, masyarakat dan perkembangan kota di wilayah Kampung Sekip RT.004
RW.023 Kelurahan Kadipiro Banjarsari Surakarta.

Kata-kata Kunci: Program Kampung Iklim, Kota Hijau, Perubahan Iklim

 

×
Penulis Utama : Gatut Wicaksono Gautama Widyobroto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131302004
Tahun : 2017
Judul : Kesesuaian Program Kampung Iklim dalam Mendukung Upaya Mewujudkan Kota Hijau (Kasus di Sekip Kadipiro Banjarsari Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascsarjana, Prodi. Study Magister Ilmu Lingkungan - A131302004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir.Winny Astuti, MSc, Ph.D
2. Dr.Titis Srimuda Pitana, ST, M.Trop.Arch,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.