Penulis Utama : Aditya Yuda Krisnanto Putra
NIM / NIP : S431508006
×

ABSTRAK
Tugas Kementerian Keuangan sebagai penyelenggara urusan pemerintahan pada bidang keuangan negara dalam rangka membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara menyebabkan Kementerian Keuangan rawan dalam penyalahgunaan dan penyelewengan. Oleh karena itu, diperlukan fungsi pengawasan yang efektif untuk mengawasi kinerja Kementerian Keuangan. Penelitian ini untuk memberikan bukti empiris faktor-faktor baik internal maupun eksternal apa yang mempengaruhi efektivitas audit internal yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal pada Kementerian Keuangan. Latar belakang penelitian ini didasari adanya masih terdapat beberapa kelemahan yang terjadi dalam audit internal yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.
Metode penelitian ini menggunakan PLS untuk analisa data. Populasi penelitian ini adalah Inspektorat Jenderal selaku unit yang melakukan audit internal dan seluruh unit eselon I yang diaudit oleh Inspektorat Jenderal di Kementerian Keuangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dimana memungkinkan setiap orang dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih menjadi responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah kuesioner yang disampaikan sebanyak 400 kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan manajemen, kompetensi auditor, independensi auditor, dan persepsi auditee berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas audit internal. Sementara itu, tingkat kooperasi auditee terhadap auditor menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan efektivitas audit internal. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya peraturan mengenai kerahasiaan data pada Kementerian Keuangan.

Kata kunci: audit internal, dukungan manajemen, efektivitas audit internal, independensi auditor, Kementerian Keuangan, kompetensi auditor, tingkat kooperasi auditee kepada auditor, persepsi auditee

 

×
Penulis Utama : Aditya Yuda Krisnanto Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431508006
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Audit Internal pada Kementerian Keuangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascsarjana, Prodi. Study Magister Akuntansi - S431508006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aditya Yuda Krisnanto Putra S431508006
2. Dra. Y Anni Aryani, M Prof Acc., Ph.D., Ak, CA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.