Penulis Utama : Salaka Bayu Pamungkas
NIM / NIP : I1114078
×

ABSTRAK


Pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan transportasi lalu lintas semakin meningkat, selain itu juga menimbulkan permasalahan pada sarana dan prasarana lalu lintas. Kepadatan volume lalu lintas menyebabkan akses jalan menjadi sulit untuk dilalui, berbagai aktivitas pengguna jalan tidak nyaman, sehingga secara tidak langsung menimbulkan risiko permasalahan lalu lintas, seperti kemacetan dan kecelakaan yang berdampak pada turunnya kinerja pelayanan jalan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dalam penelitian ini antara lain : (1) mengetahui lokasi daerah dan titik rawan kecelakaan pada jalan arteri primer di Kota Surakarta, (2) mengidentifikasi untuk mengetahui frekuensi banyaknya kejadian kecelakaan berdasarkan waktu kejadian pada klasifikasi fungsi jalan AP (arteri primer) di Kota Surakarta.

Lokasi penelitian dilakukan di jalan arteri primer Kota Surakarta. Data Sekunder yang digunakan meliputi peta jaringan jalan, data ruas dan panjang jalan, data jumlah kecelakaan, data waktu kejadian kecelakaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Z-Score, analisis Cusum dan analisis statistik deskriptif. Analisis Z-Score digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan, analisis Cusum digunakan untuk mengidentifikasi titik rawan kecelakaan, sedangkan analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui banyaknya kejadian kecelakaan berdasarkan waktu kejadian.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah dan titik rawan kecelakaan sangat tinggi, meliputi (a) Ruas jalan Adi Sucipto terletak pada persimpangan Jl Nangka, persimpangan Jl Siwalan, dan persimpangan Jl Sawo Raya. (b) Ruas jalan Ir. Sutami terletak pada persimpangan Jl Boulevard (depan UNS) Kota Surakarta. (2) Berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif, pendistribusian banyaknya kejadian kecelakaan berdasarkan waktu kejadian, meliputi siang hari, pagi hari , malam hari, dan pada dini hari dengan rata – rata kejadian masing – masing sebesar
35,25; 34,75; 30,75 dan 12,50.

 

Kata Kunci : Z-Score, Cusum, jalan arteri primer, daerah rawan kecelakaan, titik rawan kecelakaan.

 

×
Penulis Utama : Salaka Bayu Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114078
Tahun : 2016
Judul : Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Di Jalan Arteri Primer Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Teknik, Prog. Studi Teknik Sipil - I1114078-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amirotul MHM, ST, MSc, .
2. Setiono, ST, MSc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.