Penulis Utama : Rachmad Aditya Caesar
NIM / NIP : I0112117
×

ABSTRAK


Beton digunakan untuk hampir seluruh bidang konstruksi.Beton memiliki kelebihan dan kelemahan.  Kelemahan beton  yaitu  dapat  mengalami kerusakan  yang  diakibatkan oleh faktor dalam maupun luar. TRC yang tersusun atas material mortar dan perkuatan tekstil dihadirkan sebagai material perbaikan. Syarat TRC sebagai material perbaikan adalah dapat melekat  kuat  pada  beton  induk.  Untuk  itu  perlu  ditambahkan  serat  dan  polimer.Serat Cantula merupakan serat alam yang mempunyai kemampuan mekanik yang tinggi sehingga serat   ini   berpotensi  sebagai   bahan   penguat   komposit   eksternal.   Polyvinyl   acetate merupakan polimer jenis thermoplastic powder yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada pembuatan mortar yang dapat meningkatkan daya lekat.Pada penelitian ini akan  dikaji tentang  kuat  lekat  TRC  pada  bagian  matriksnya  berupa  modified  polymer mortar terhadap beton normal untuk mengetahui tingkat kelekatanya.

Metode yang  dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bahan dan Struktur Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS. Benda uji terdiridari 2 variasi yaitu variasi umur dan variasi polyvinyl acetate berbentuk prisma dengan ukuran 55 mm x 100 mm x 250 mm. Variasi umur terdiri dari 12 benda uji untuk pengujian modified polymer mortar umur   3hari, 7 hari, 14 hari, dan 28 hari. Variasi polyvinyl acetate terdiri dari 24 benda uji untuk pengujian modified polymer mortar dengan penambahan polyvinyl acetate 15%, 20%, 25% dan 30%. Penelitian dilakukan untuk mendapat data pengaruh penambahan polyvinyl acetate terhadap kuat lekat modified polymer mortar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan polyvinyl acetate pada modified polymer mortar dapat meningkatkan kuat lekat. Ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai kuat lekat dari waktu ke waktu. Selain itu penambahan polyvinyl acetate dalam kadar yang tinggi menghasilkan  nilai kuat  lekat  yang  tinggi dibandingkan  penambahan  polyvinyl  acetate dalam kadar yang rendah.

Kata kunci :Beton, Modified Polymer Mortar,Polyvinyl Acetate, kuat lekat.

 

×
Penulis Utama : Rachmad Aditya Caesar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112117
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Variasi Polyvinyl Acetate Terhadap Kuat Lekat Mortar Berserat Cantula (Agave Cantula Roxb)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Teknik, Prog. Studi Teknik Sipil - I0112117-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. S. A. Kristiawan, ST, MSc, Ph.D
2. Ir. Bambang Santosa, MT,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.