Penulis Utama : Agri Alan Pratama
NIM / NIP : I0109005
×

ABSTRAK

Angkutan umum di pedesaan mulai berkurang peminatnya yang berakibat pada minimnya penghasilan pengusaha angkutan umum sehingga dapat memperburuk kinerja angkutan yang sudah ada.  Pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas terdapat angkutan jenis Minibus PO. DADI AGUNG kapasitas 26 tempat duduk yang masih beroperasi dan memiliki ijin resmi trayek dari Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten. Meskipun angkutan ini memiliki nilai load factor yang relative kecil tapi keberadaanya masih tetap bertahan, hal ini berate bahwa angkutan ini masih dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai kinerja angkutan tersebut dan membandingkanya dengan persepsi pengguna.
Penelitian dilakukan terhadap angkutan pedesaan minibus PO. DADI AGUNG kapasitas 26 tempat duduk pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas. Pengukuran kinerja dilakukan dengan metode survai pengukuran langsung di lapangan. Parameter pengukuran kinerja adalah   terhadap load factor, headway, waktu tunggu penumpang, kecepatan perjalanan, waktu perjalanan. Pengukuran persepsi  terhadap  pengguna dilakukan  dengan  metode  kuisioner dengan  skala Lickert. Survei dilakukan pada hari libur dan hari kerja.
Hasil penelitian didapatkan load factor belum memenuhi standar yaitu = 21,12 %
, Headway melebihi standar  yaitu  = 52.04  menit , waktu tunggu penumpang belum memenuhi standar yaitu = 26,21 menit , waktu perjalanan telah memenuhi standar yaitu = 55,37 menit , kecepatan perjalanan persegmen = 27,37 km/jam dan kecepatan perjalanan telah memenuhi standar  yaitu = 27,64 km/jam. Persepsi pengguna terhadap kinerja diperoleh: Ketersediaan tempat duduk baik (nilai 3,67), waktu tunggu penumpang baik (nilai 3,6), lama perjalanan baik (nilai 3,53), kecepatan perjalanan baik (nilai 3,6) Pengukuran penilaian persepsi menggunakan skala Lickert.
Kata kunci : Angkutan Pedesaan, Kinerja, Persepsi Pengguna

 

×
Penulis Utama : Agri Alan Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0109005
Tahun : 2016
Judul : Studi Kinerja dan Persepsi Penumpang terhadap Pelayanan Minibus PO. Dadi Agung (Studi Kasus Minibus Rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Teknik, Prog. Studi Teknik Sipil - I0109005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.DewiHandayani, ST, MT
2. Amirotul MHM, ST. MSc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.