Penulis Utama : Adhi Yusuf Muttaqin
NIM / NIP : I1114001
×

ABSTRAK


Beton adalah material yang digemari dalam dunia konstruksi, namun bangunan dengan material beton dapat mengalami kerusakan berdasarkan banyak faktor. Sehingga  TRC  yang  tersusun  dari  material  mortar  polimer  dengan  tekstil digunakan sebagai material perkuatan dan perbaikan pada material beton. Serat Cantula merupakan serat alami yang memiliki kemampuan mekanik yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai material tekstil untuk perkuatan dan perbaikan beton. Pada penelitian ini dikaji tentang sifat mekanik silinder beton dengan TRC sebagai perkuatan eksternal dibawah pembebanan aksial.

Metode  yang  dipakai  dalam  penelitian  ini  adalah  metode eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bahan, Laboratorium Struktur Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS, Laboratorium Material Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS, dan Laboratorium Bahan dan Konstruksi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNDIP. Benda uji silinder beton terdiri dari 2 campuran, campuran 1 terdiri dari 3 silinder beton normal, 3 silinder beton diperkuat TRC dengan ukuran rongga anyaman 10x10 mm, 3 silinder beton diperkuat TRC dengan ukuran rongga 20x10 mm, dan campuran 2 terdiri dari 3 silinder beton normal, 6 silinder beton diperkuat TRC  dengan ukuran rongga anyaman 20x10 mm.

Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa  penggunaan   TRC   sebagai   perkuatan eksternal memberikan kekangan dan meningkatkan kemampuan mekanik pada silinder  beton  dibawah  pembebanan  aksial.  Beton  diperkuat  TRC  mampu menahan beban lebih besar dibandingkan dengan beton normal, dan beton diperkuat TRC memiliki kekakuan yang lebih dibandingkan beton normal.

 

Kata Kunci :    Pembebanan Aksial, Serat Cantula, Silinder Beton, , TRC

 

×
Penulis Utama : Adhi Yusuf Muttaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114001
Tahun : 2017
Judul : Efek Pengekangan Trc terhadap Sifat Mekanik Silinder Beton dibawah Pembebanan Aksial
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Teknik, Prog. Studi Teknik Sipil - I1114001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof S.A Kristiawan ST, MSc. PhD
2. Dr. Senot Sangadji. S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.