Penulis Utama : Wahyuni
NIM / NIP : M0413045
×

Abstrak

Teki (Cyperus rotundus L.) merupakan salah satu jenis gulma yang ditemukan di sekitar tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Teki memiliki sifat alelopati dari bagian tumbuhan yang berada di bawah tanah yang mampu menghasilkan senyawa alelokimia. Alelokimia tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabai rawit. Penelitian bertujuan untuk (i) mengetahui daya alelopati larutan akar dan umbi teki terhadap tanaman cabai rawit, (ii) mengetahui konsentrasi larutan akar dan umbi teki yang tepat menghambat pertumbuhan tanaman cabai rawit serta (iii) mengetahui profil kromatografi lapis tipis ekstrak akar dan umbi teki.
Ekstrak akar dan umbi teki diencerkan hingga diperoleh larutan dengan konsentrasi 5, 10, 15 dan 20% (v/v), kemudian larutan tersebut disemprotkan pada tanah yang ditumbuhi tanaman cabai rawit setiap pagi selama 8 minggu. Tinggi batang dan jumlah daun tanaman cabai rawit diamati sekali seminggu. Analysis of Variance (Anova) digunakan untuk menganalisis data. Kromatografi lapis tipis dari ekstrak akar dan umbi menggunakan eluen toluen : etil asetat (93 : 7 v/v), kemudian plat KLT disemprot dengan 5% asam sulfat dalam etanol 70%, dilanjutkan 1% vanilin dalam etanol 70% untuk mengidentifikasi golongan senyawa alelokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak akar teki mengandung flavonol dan ekstrak umbi teki mengandung hidrokarbon sesquiterpen. Larutan akar dan umbi teki dengan konsentrasi ?15% menghambat pertumbuhan tanaman cabai rawit. Larutan umbi teki lebih menghambat pertumbuhan tanaman cabai rawit daripada larutan akar teki.

Kata Kunci : Cyperus rotundus L., Capsicum frutescens L., Alelopati, Maserasi, Evaporasi, KLT

×
Penulis Utama : Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0413045
Tahun : 2018
Judul : Profil Kromatografi Lapis Tipis dan Sifat Alelokimia Ekstrak Akar dan Umbi Teki (Cyperus Rotundus L.) terhadap Pertumbuhan Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2018
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. Biologi-M0413045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D.
2. Siti Lusi Arum Sari, M.Biotech.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.