Penulis Utama : Muhammad Tiopan
NIM / NIP : I8614028
×

Abstrak

Masalah transportasi di Indonesia merupakan hal yang serius terutama di banyak kota besar. Hal ini berdampak pada meningkatnya polusi udara dan terjadinya kemacetan sehingga di butuhkan upaya solusi dengan peningkatan perbaikan system transportasi maupun teknologi yang ramah lingkungan.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pengembangan sepeda kayuh dimana sekarang telah banyak digunakan masyarakat. Sepeda kayuh ke depan adalah sepeda kayuh dengan teknologi penggerak dua roda. Melalui teknologi ini maka dihasilkan sepeda yang memiliki tenaga di kedua rodanya (Two Wheel Drive) yang dimungkinkan memiliki kemudahan di berbagai kontur jalan.  Teknologi  penggerak  dua  roda  dapat  digunakan  sebagai  alternative tambahan dalam system pemindah daya ke roda.
Penelitian ini dilakukan menggunakan studi pustaka dan eksperimental dengan proses perancangan dan pembuatan prototype sepeda kayuh penggerak dua roda. Proses transfer daya dimulai dengan tenaga dari pengendara menuju roda belakang dan diteruskan menggunakan transmisi rantai dan roda gigi ke roda
depan, mekanisme ini terjadi di dalam rangka sepeda. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari pengujian analisis dan studi lapangan ialah transmisi rantai yang mampu  memindahkan  daya  sebesar  341,91  watt  dan  menahan  beban  sebesar 2813,13 N, dengan perbandingan roda gigi sepeda 3,3:1.

Kata Kunci : penggerak dua roda, rantai, roda gigi

×
Penulis Utama : Muhammad Tiopan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8614028
Tahun : 2017
Judul : Sepeda Kayuh Penggerak Dua Roda (Sistem Transmisi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8614028 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., M.T.
2. Raymundus Lullus Lambang G.H., S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.