Penulis Utama : Widia Lestari
NIM / NIP : D0313080
×

Abstrak

Penelitian ini mengenai transformasi sosial para pekerja sektor informal di Mojosongo Surakarta.Istilah pekerja sektor informal adalah pemulung, pelapak dan bandar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komodifikasi sampah, penyebab para pekerja sektor informal mengkomodifikasikan sampah, relasi sosial dan interdependensi antar pekerja dan untuk mendeskripsikan figurasi sosial dan habitus yang terbentuk selama proses kerja yang dijalankan selama ini. Penelitian ini menggunakan teori transformasi sosial “figuration” dari Norbert Elias.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pekerja sektor informal (pemulung, pelapak dan bandar), pemerintahan (pihak RT, Kelurahan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP)) serta masyarakat Mojosongo secara umum yang memahami kehidupan para pekerja sektor informal daur ulang sampah. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian ini adalah di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data memakai triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses mengkomodifikasi sampah menjadi upah oleh pekerja sektor informal terbentuk atas dasar kepentingan ekonomi. Hubungan relasi sosial dan ketergantungan (interdependensi) antar para pekerja terjalin secara rasional maupun non rasioanal tanpa mereka sadari. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat berpengaruh besar terhadap usaha mereka. Dalam proses kerja terbentuk habitus dan figurasi yang didukung oleh adanya relasi sosial dan proses sosial antar pekerja sehingga mampu menciptakan strategi guna meningkatkan proses kerja. Jadi proses daur ulang sampah memberikan indikasi transformasi sosial di bidang ekonomi berupa keuntungan terhadap terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat urban maupun masyarakat setempat.

Kata Kunci : Daur Ulang Sampah, Komodifikasi, Pekerja sektor informal, Transformasi sosial

×
Penulis Utama : Widia Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313080
Tahun : 2017
Judul : Dari Sampah Menjadi Upah : Transformasi Sosial Pekerja Sektor Informal Dalam Proses Daur Ulang Sampah (Studi Kasus di Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Sosiologi-D0313080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rahesli Humsona, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.