Penulis Utama : Vinca Rosea Romeiza
NIM / NIP : I0113135
×

Abstrak

Kota Surakarta memiliki 107 jembatan yang tersebar di lima kecamatan. Karena adanya perubahan status kepemilikan jembatan dalam kurun waktu setahun terakhir,  maka  jumlah  tersebut  tidak  akurat  dan  perlu  dilakukan  inventarisasi ulang. Tetapi dilain pihak kondisi jembatan tersebut juga banyak mengalami deteriorasi material dan degradasi struktural. Kerusakan pada jembatan tersebut tentu saja dapat mengganggu pergerakan lalulintas dan menghambat pergerakan orang dan barang di sekitar jembatan tersebut. Menurut Dinas Bina Marga Kota Surakarta,  data  yang  selama  ini  mereka  peroleh  hanyalah  berupa  laporan insidental  dari  warga  ataupun  surveyor  mereka,  sehingga  data  yang  mereka peroleh pun tidak lengkap, dan program pemeliharaan jembatan tidak terarah.

Dalam riset ini dikakukan inventarisasi ulang data jembatan di ruas jalan daerah Kota Surakarta untuk menyusuan basis data yang akurat. Kemudian kondisi jembatan dievaluasi berdasarkan metode kuantitatif  Bridge Management System (BMS) 1993. Selain data kerusakan ini, volume rerata lalu lintas harian (LHR) akan  menjadi  masukan  metode  penentuan  prioritas  pemeliharaan  jembatan tersebut. Metode tersebut adalah Zero-one. Tindakan perbaikan dan rehabilitasi kerusakan jembatan lokal kota Surakarta dapat ditentukan lebih sistematis dengan hasil studi komparatif ini.

Hasil   dari   analisis   prioritas   metode   Zero-one   diketahui   bahhwa   dalam pemeliharaan jembatan bagian yang paling diprioritaskan adalah fondasi. Dilihat juga dari kedua hasil analisis bahwa pada urutan prioritas pertama yang harus direhabilitasi adalah Jembatan Jongke walaupun pada urutan berikutnya memiliki perbedaan urutan yang cukup signifikan.

Kata Kunci : Bridge Management System, Surakarta, Zero-One, analisis prioritas

×
Penulis Utama : Vinca Rosea Romeiza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113135
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Analisis Prioritas Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) dan Zero-One
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113135-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono, S.T., M.T.
2. Dr. Senot Sangadji, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.