Penulis Utama : Hegar Lasardi Kurniawan
NIM / NIP : I0113058
×

Abstrak

Salah satu permasalahan pada perkerasan aspal adalah sering terjadinya perubahan bentuk atau deformasi. Deformasi adalah perubahan bentuk campuran aspal secara fisik. Split Mastic Asphalt (SMA) merupakan salah satu jenis campuran aspal yang memiliki gradasi senjang. Campuran SMA biasanya digunakan pada lalu lintas berat, oleh karena itu sering terjadi kerusakan pada perkerasan seperti retak dan deformasi. Disisi lain, plastik HDPE (High Density Poly Ethylene) yang akan digunakan dalam penelitian ini memiliki sifat thermoplastik yaitu bersifat elastis pada saat panas dan bersifat kaku pada saat dingin. Sifat HDPE tersebut diharapkan mampu menaikkan mutu dan keandalan campuran SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik campuran SMA konvensional dan campuran SMA yang  dimodifikasi dengan plastik HDPE.
Dalam penelitian ini aspal yang digunakan adalah aspal Pertamina penetrasi 60/70. Kadar aspal yang digunakan adalah Kadar aspal Optimum sebesar 6,95% dan Kadar Plastik Optimum sebesar 33,5% (M Fauzan, 2017). Karakteristik yang dianalisis adalah kuat tarik, kuat lentur, disintegrasi dan permeabilitas. Karakteristik tersebut didapatkan dengan melakukan pengujian ITS, Bending, Cantabro dan Permeabilitas pada campuran SMA dan SMA modifikasi HDPE. Kemudian nilai setiap pengujian dari masing-masing campuran dibandingkan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa modifikasi plastik HDPE pada campuran SMA mampu meningkatkan nilai ITS sebesar 538%, nilai kuat lentur meningkat sebesar 293,05%,  nilai cantabro berkurang sebesar 453,37%, dan nilai koefesien permeabilitas berkurang sebesar 224,5%. Penambahan limbah tutup botol plastik HDPE mampu meningkatkan nilai ITS, Bending, dan Cantabro diakibatkan oleh sifat HDPE yang mampu untuk mengeras pada suhu dingin. Sedangkan penurunan nilai Koefesien Permeabilitas pada campuran dengan panambahan HDPE diakibatkan oleh sifat HDPE yang kedap air, sehingga sebagian campuran menjadi Impermeable.

Kata Kunci : 3 Point Bending, Cantabro, Indirect Tensile Strength (ITS), Permeabilitas, Split Mastic Asphalt (SMA)

×
Penulis Utama : Hegar Lasardi Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113058
Tahun : 2017
Judul : Analisis Uji Indirect Tensile Strength (ITS), Bending, Cantabro dan Permeabilitas pada Split Mastic Asphalt (SMA) dengan Bahan Tambah Limbah Tutup Botol Plastik HDPE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Djoko Sarwono, MT.
2. Dr. F. Pungky Pramesti, ST, MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.