Penulis Utama : Ambar Arry Purwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Kualitas air tanah di sekitar aliran sungai Pepe Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : -2004UNS-FMIPA NIM.M0498020
Subyek : AIR BAWAH TANAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air tanah pada sumur-sumur penduduk di sekitar aliran Sungai Pepe, mengetahui kualitas air Sungai Pepe dan mengetahui hubungan antara jarak sumur dengan Sungai Pepe terhadap kualitas air sumur penduduk di sekitarnya.

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kegiatan industri dan aktivitas rumah tangga yang menghasilkan limbah cair yang apabila langsung dibuang ke sungai akan berdampak negatif terhadap kualitas lingkungan perairan sungai. Limbah cair yang dibuang ke sungai dapat meresap ke dalam sumber air tanah, dan memungkinkan terjadinya penurunan kualitas air tanah yang dikonsumsi penduduk sekitarnya. Maka perlu diadakan pengujian kualitas air tanah.

Sejalan dengan permasalahan dan tujuan penelitian, maka dilakukan pengambilan sampel air sumur di sisi kiri dan sisi kanan Sungai Pepe. Titik-titik sampel tersebut melewati Kelurahan Gilingan, Kestalan, Kampung Baru dan Sangkrah. Selain itu, dilakukan pula pengambilan sampel air Sungai Pepe. Parameter fisika, kimia dan biologi yang diukur adalah suhu, warna, bau, BOD, COD, DO, pH, Cu, Cd, dan bakteri koliform.

Dari hasil pemeriksaan sampel, menunjukkan bahwa air Sungai Pepe dilihat dari parameter fisika, kimia, dan biologi telah mengalami penurunan kualitas, apabila dibandingkan dengan baku mutu air penerima menurut Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 660.1/26/1990, kecuali untuk parameter Cu dan Cd yang tidak terdeteksi. Untuk air sumur penduduk, dapat disimpulkan bahwa kualitasnya cukup baik berdasarkan parameter fisika dan kimia masih dalam ambang batas yang diijinkan dalam baku mutu menurut Surat Keputusan Menteri Kesehatan No.907/MENKES/SK/VII/2002 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, kecuali untuk bakteri koliform jumlahnya melebihi ambang batas. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kualitas air sungai Pepe tidak mempengaruhi air sumur penduduk di sekitarnya.

Kata kunci: air tanah, Sungai Pepe, Cu, Cd, bakteri koliform, baku mutu

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarto, M.S.
2. Dra. Ratna Setyaningsih, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA