Penulis Utama : Charien Febrillian Budhi Rachmadhani
NIM / NIP : D0113020
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses sinergitas Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sragen dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sragen. Untuk menjawab proses sinergitas antara UPTPK Kabupaten Sragen dan BAZNAS Kabupaten Sragen menggunakan dua indikator yakni teori komunikasi yang dikemukakan oleh Terry dan Rue dalam Dwijayanti (2013: 3) dan teori koordinasi yang dikemukakan oleh Moekijat dalam  Rahmawati(2014:643).
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data/sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa proses sinergitas antara UPTPK Kabupaten Sragen dan BAZNAS Kabupaten Sragen sudah optimal. Dalam proses sinergitas keduanya melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik. UPTPK Kabupaten Sragen maupun BAZNAS Kabupaten Sragen sudah menjalin berbagai komunikasi yakni komunikasi vertikal dan horizontal, komunikasi formal dan informal, serta komunikasi lisan dan tertulis. Sedangkan koordinasi yang dilakukan telah efektif karena memenuhi 8 syarat yakni hubungan langsung, kesempatan awal, kontinuitas, dinamis, tujuan yang jelas, organisasi yang sederhana, perumusan wewenang dan tanggung jawab, serta kepemimpinan supervisi yang efektif.

Kata Kunci : Sinergitas, Pengentasan Kemiskinan, Dana Zakat

×
Penulis Utama : Charien Febrillian Budhi Rachmadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113020
Tahun : 2017
Judul : Sinergitas Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Administrasi Publik-D0113020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.