Penulis Utama : Nurmaya Sinta Permatasari
NIM / NIP : D1516069
×

ABSTRACK

Arus teknologi saat ini tidak dapat di hindari, semakin berkembang melingkupi segala bidang salah satunya pada sistem pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai sistem pemungutan PKB melalui Samsat Online pada UPPD Kabupaten Karanganyar. Tujuan Samsat menggunakan sistem online adalah untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) dalam melakukan perpanjangan STNK agar dapat dilakukan di setiap Samsat di Daerah Jawa Tengah.

Jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan, karena observer berperan secara aktif dan pasif dalam kegiatan di kantor Samsat Online Karanganyar khususnya di bagian Samsat Induk yang melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Seksi PKB BBN-KB serta pegawai bagian Loket Formulir sesuai dengan masalah yang diamati, observasi, dan mengkaji dokumen maupun arsip. Berdasarkan hasil pengamatan mengenai sistem pemungutan PKB melalui sistem Samsat Online UPPD Karanganyar diketahui bahwa pemungutan PKB khususnya perpanjangan STNK dapat dilakukan di setiap Samsat yang dikehendaki di Wilayah Jawa Tengah karena masing-masing telah terintegrasi dengan Samsat Pusat, sehingga data yang masuk dapat langsung di terima oleh pusat melalui sistem. WP yang akan melakukan pembayaran PKB harus membawa persyaratan yang telah ditentukan Kemudian WP melakukan cek fisik yang akan dilakukan oleh petugas untuk di gesek nomor rangka mesinnya, setelah di sahkan berkas persyaratan dibawa ke Loket Formulir untuk mencetak formulir pendaftaran. Jika persyaratan sudah lengkap berkas diserahkan ke  Loket Pendaftaran untuk diberi nomor antrean serta penetapan besarnya PKB yang harus dibayarkan. WP menunggu panggilan dari kasir untuk melakukan pembayaran. WP diarahkan untuk menuju Loket Penyerahan untuk mengambil bukti pembayaran PKB berupa STNK yang telah disahkan. Proses yang terakhir WP memperlihatkan bukti pembayaran kepada petugas TNKB untuk pembuatan plat nomor. Kesimpulan dalam pengamatan mengenai sistem pemungutan PKB melalui sistem Samsat Online UPPD Karanganyar adalah pemungutan PKB menjadi lebih fleksibel dan efisien sehingga pendapatan daerah dapat meningkat.

Kata kunci: Sistem pemungutan PKB, Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat, UPPD

×
Penulis Utama : Nurmaya Sinta Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516069
Tahun : 2019
Judul : Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Sistem Samsat Online pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu SOsia dan Ilmu Politik-Prodi Manajemen Administrasi-D1516069-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Gendrowati, S.Pd, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.