Penulis Utama : Riswanda Binta Ichsan
NIM / NIP : I0115089
×

ABSTRACK

(Kadar Fly Ash 50%) Pada Pembebanan Uniaksial Tekan dengan Kekangan Teflon dan Grease, Tugas Akhir. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.  Dalam beberapa penelitian terakhir, terdapat inovasi baru yaitu dengan menggabungkan beton self compacting concrete dengan fly ash berkadar tinggi. Inovasi tersebut dikenal dengan High Volume Fly Ash -Self Compacting Concrete (HVFA-SCC). Pada saat pengujian kuat tekan beton dengan menggunakan mesin uji tekan, terjadi gaya friksi pada permukaan beton. Hal tersebut mempengaruh perilaku tegangan-regangan pada beton. Untuk mengurangi gaya friksi yang terjadi, pada permukaan atas dan bawah beton pada saat pengujian diberikan media yang bersifat menghilangkan gaya friksi. Dalam penelitian ini mengkaji pengaruh kekangan dalam menghilangkan gaya friksi yang terjadi pada saat pengujian kuat desak yaitu dengan teflon dan grease. Dari kurva tegangan-regangan dikaji mengenai modulus elastisitas, daktilitas, poisson ratio, toughness dan kemudian dibandingkan dengan beberapa rumus empiris yang ada.

 
Metode penelitian ini adalah eksperimen, dimana digunakan variasi kadar fly ash pada HVFA-SCC yaitu 50% serta beton normal sebagai pembanding. Sampel tersebut dibuat dengan f’c berkisar 30 MPa yang berbentuk silinder dengan ukuran 150mm x 300mm. Pada saat pengujian kuat desak menggunakan kekangan teflon dan grease. Dari sampel tersebut didapat karakteristik kurva tegangan-regangan beton HVFA-SCC yang dibandingkan dengan beton normal usia 28 hari.  Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, nilai modulus elastisitas berbanding lurus dengan nilai kuat desak. Untuk index toughness didapatkan beton normal lebih besar dibandingkan HVFA-SCC. Nilai daktilitas beton normal lebih tinggi dibandingkan dengan HVFA-SCC. Nilai poisson ratio didapatkan dari pembacaan strain gauge HVFA-SCC sebesar 0,277 dan beton normal sebesar 0,328. Grafik tegangan-regangan beton normal lebih landai dibandingkan HVFA-SCC sehingga nilai toughness beton normal lebih besar daripada HVFA-SCC. Pemodelan kurva tegangan-regangan secara eksperimen dan rumus empiris yang ada didapatkan bahwa persamaan carreira (fc) lebih akurat daripada persamaan samani dan CEB Model.

Kata kunci : tegangan dan regangan, kekangan, teflon dan grease, fly ash, HVFASCC

 

×
Penulis Utama : Riswanda Binta Ichsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115089
Tahun : 2019
Judul : Perilaku Tegangan-Regangan Beton HVFA-SCC (Kadar Fly Ash 50%) pada Pembebanan Uniaksial Tekan dengan Kekangan Teflon dan Grease
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Teknik-Prodi Teknik Sipil-I0115089-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi S.T, M.T.
2. Dr. Senot Sangadji,S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.