Penulis Utama : Annisa Sa'a Sakinah
NIM / NIP : C0913006
×

Peran Dalem Hardjonegaran Dalam Pelestarian Batik Indonesia Karya Go Tik Swan. Skripsi: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran Dalem Hardjonegaran dalam pelestarian “Batik Indonesia” karya Go Tik Swan. (2) Proses pelestarian “Batik Indonesia” karya Go Tik Swan di Dalem Hardjonegaran.
    Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan data di lapangan untuk mengembangkan teori yang dibangun. Teori yang digunakan untuk menelaah penelitian ini menggunakan Teori Kebudayaan menurut Koentjaraningrat. Sumber data yang digunakan:  informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalem Hardjonegaran berperan penting dalam pelestarian “Batik Indonesia” karena disanalah pusat segala aktifitas yang berkaitan dengan pelestariannya berlangsung. (2) Proses pelestarian “Batik Indonesia” telah berlangsung sebelum Go Tik Swan wafat, hingga sekarang.
Kata Kunci: Dalem Hardjonegaran, Pelestarian, Batik Indonesia, Go Tik Swan.

 

×
Penulis Utama : Annisa Sa'a Sakinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913006
Tahun : 2020
Judul : Peran Dalem Hardjonegaran dalam Pelestarian Batik Indonesia Karya Go Tik Swan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Sastra dan Seni rupa - 2020
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Prog Studi Kriya Tekstil-C0913006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. S. Rum Handayani M. Hum.
2. Ibu Ratna Endah Santoso S. Sn, M. Sn
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak ada
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.