Penulis Utama : Muchlis Taufiq Anjar Wicaksono
NIM / NIP : K2515048
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengedentifikasi : (1) langkah – langkah implementasi Experiential Learning (EL) pada mata kuliah Aerodinamika. (2) integrasi Metode Elemen Hingga (MEH) dengan Experiential Learning (EL) pada mata kuliah Aerodinamika. (3) evaluasi kelayakan produk pengembangan perkuliahan Aerodinamika sebelum diterapkan di dalam kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap pengampu mata kuliah Aerodinamika. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis dilakukan secara deskriptif kemudian hasil analisis digunakan sebagai dasar merancang proses perkuliahan yang tepat pada mata kuliah Aerodinamika dan didasari dari empat siklus Experiential Learning yang kemudian dikembangkan sebuah lembar kerja mahasiswa. Teknik validasi menggunakan expert judgment.
Hasil penelitian ini adalah (1) Rancangan Pelaksanaan Perkuliahan (RPP) yang berdasarkan siklus Experiential Learning (EL) sebagai pedoman perkuliahan Aerodinamika pada sub bab gaya hambat dan gaya angkat pada kendaraan. (2) Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) sebagai kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalamannya sendiri. Hasil penelitian ini telah dievaluasi oleh pengampu mata kuliah Aerodinamika sebelum ditetapkan dalam perkuliahan.

Kata  kunci:  Aerodinamika, Experiential Learning, Metode Elemen Hingga

 

×
Penulis Utama : Muchlis Taufiq Anjar Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515048
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Experiential Learning dengan Metode Elemen Hingga pada Mata Kuliah Aerodinamika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Mesin-K2515048-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.,
2. Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi S.Pd., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.