Penulis Utama : Nisa Urfannur Rafi
NIM / NIP : F1117042
×

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh penyerapan tenaga kerja yang ada di Eks Karisidenan Surakarta. Dengan banyaknya tenaga kerja yang terserap dapat meningkatkan suatu perekonomian serta mengurangi tingkat pengangguran. Selain itu dengan berkembangnya teknologi dunia industri yang semakin canggih, tenaga kerja diminta untuk menambah pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak.
Penelitian ini bersifat kuantitatif yang membahasa tentang hubungan anatara upah minimum, produk domestik regional bruto (PDRB) dan jumlah industri terhadap penyerapan tenaga kerja di Eks Karisidenan Surakarta tahun 2011-2017. Varibel ini menggunakan variabel dependen dan variabel independen.Yang termasuk variabel dependen yaitu penyerapan tenaga kerja sedangkan variabel independennya antara lain upah minimum, produk domestik regional bruto (PDRB), dan jumlah industri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode panel dengan menggunakan pendeketan Fixed Effect Model.
Berdasarkan hasil analisis menyatakan bahwa upah minimum dengan penyerapan tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan, yang kedua bahwa produk domestik regional bruto (PDRB) terhadap penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan, yang ketiga menyatakan bahwa jumlah industri terhadap penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan.

Kata  Kunci  :  Tenaga  Kerja,  Upah  Minimum,  Produk  Domestik  Regional  Bruto, Pengangguran

 

×
Penulis Utama : Nisa Urfannur Rafi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117042
Tahun : 2019
Judul : Analisis Pengaruh Upah Minimum, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Jumlah Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Eks Karisidenan Surakarta Tahun 2011-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F1117042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nunung Sri Mulyani, Dra., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.