Penulis Utama : Solekhah
NIM / NIP : K7414049
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar keefektifan penggunaan dana Program Indonesia Pintar pada SMA Negeri di kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa penerima PIP melalui KIP pada SMA Negeri di Kota Surakarta sejumlah 728 siswa. Sampel sekolah yang dipilih adalah SMA Negeri 3 Surakarta dan SMA Negeri 7 Surakarta dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya teknik pengambilan sampel siswa dilakukan dengan cara random sampling  diperoleh sebanyak 44 siswa dari SMA Negeri 3 Surakarta dan 40 siswa dari SMA Negeri 7 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan angket yang bersifat terbuka. Validitas data menggunakan uji validitas isi menggunakan pendapat dari ahli (expert judgement). Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan pemanfaatan dana PIP pada sisa SMA Negeri di Kota Surakarta termasuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata hasil penelitian adalah 62,4%. Penggunaan dana PIP di Kota Surakarta sudah digunakan sesuai dengan Pemendikbud No 19 Tahun 2016 sebesar 62,4% dengan pengalokasian dana yang terbesar adalah pembelian perlengkapan sekolah dengan presentase sebesar 30,9%, pengalokasian dana yang terkecil adalah biaya kursus/les privat dengan presentase sebesar 0,8%.

Kata kunci: keefektifan, Program Indonesia Pintar, SMA Negeri

 

×
Penulis Utama : Solekhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414049
Tahun : 2019
Judul : Keefektifan pemanfaatan dana program Indonesia pintar pada SMA Negeri di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kip Prog Studi Pendidikan Akuntansi
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M. Si.
2. Binti Muchsini, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.