Penulis Utama : Shofya Rhamadhaningtyas
NIM / NIP : D0212095
×

Abstrak

Televisi merupakan media massa populer di masyarakat. Tanpa televisi sebuah rumah dapat dikatakan belum terasa lengkap. Kepopuleran televisi tak terlepas  dari  program-program  hiburan  yang disajikan.  Program  hiburan  yang cukup banyak disiarkan televisi yakni reality show.
Salah satu program reality show yang popular di televisi yakni 86 yang tayangan di NET TV. Program ini menampilkan keseharian pekerjaan seorang polisi mulai dari menertibkan lalu lintas sampai penggerebekan kriminal kelas kakap. Selain itu, 86 juga menyajikan sisi lain dari polisi sebagai manusia biasa. Tak ayal tayangan ini sebagian besar menampilkan sisi baik seorang polisi.
Pihak NET TV sendiri mengakui tayangan ini hanya menampilkan sisi baik seorang polisi, yang mana berarti memuat unsur pencitraan polisi. Pesan pencitraan ini nantinya akan dipersepsi oleh para penonton. PERHUMAS Muda Yogyakarta sebagai organisasi yang menaungi orang-orang yang tertarik dan memiliki pengetahuan tentang public relation diasumsikan persepsinya akan berbeda dibanding masyarakat umum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 7 narasumber  anggota  PERHUMAS  Muda  Yogyakarta  yang  aktif  menonton program 86. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yakni trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta tentang pencitraan polisi dalam reality show 86 NET TV, diantaranya:1)  Persepsi  penonton  terhadap  citra  polisi  yang  ingin  dibangun melalui reality show cukup variatif, baik dari sifat maupun penampilan fisik. 86. 2) Pencitraan polisi dipersepsi kurang sesuai dengan kenyataan. 3) Pencitraaan polisi dipersepsi sudah cukup baik hanya saja kurang natural. 4) Faktor yang mempengaruhi persepsi yakni pengalaman masa lalu, lingkungan tempat tinggal, keluarga dan pendidikan. Untuk membangun persepsi  penonton agar lebih positif terhadap  pencitraan polisi dalam  reality show  86, disarankan pencitraan  yang dikemas secara natural dan tidakk terlalu berbeda dengan realitas.

Kata Kunci : Persepsi, Penonton, Televisi, Reality Show, Pencitraan Polisi

×
Penulis Utama : Shofya Rhamadhaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212095
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Penonton terhadap Pencitraan dalam Reality Show (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Penonton terhadap Pencitraan dalam Reality Show 86 NET TV di Kalangan Anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0212095 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heny Dwi Suwarti S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.