Penulis Utama : Agung Satrio Nugroho
NIM / NIP : C0214003
×

Penelitian ini mengkaji tentang tanggapan dan pemaknaan sekelompok pembaca dari mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UNS angkatan 2016 terhadap puisi Distilasi Alkena (2016) karya Wira Nagara dengan penerapan teori estetika resepsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah  tanggapan  mahasiswa Sastra Indonesia UNS Angkatan 2016 terhadap puisi Distilasi Alkena karya Wira Nagara secara tekstual meliputi tema, diksi, gaya bahasa, dan tipografi?  
Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah tanggapan dan putusan nilai terhadap puisi Distilasi Alkena (2016) karya Wira Nagara berdasar aspek tekstual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa Sastra Indonesia UNS Angkatan 2016 terhadap puisi Distilasi Alkena (2016) karya Wira Nagara. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif  alam bentuk deskripsi interpretasi data. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan wawancara mendalam terhadap pembaca yang memenuhi kualifikasi. 
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UNS memberikan penilaian yang relatif baik untuk puisi Distilasi Alkena (2016) secara keseluruhan. Begitu pula dengan unsur tekstual berupa tema, diksi, gaya bahasa, dan tipografi mendapatkan penilaian yang positif dari pembaca. Dibandingkan dengan unsur yang lain, tipografi merupakan unsur yang paling tidak dipahami oleh pembaca, sedangkan gaya bahasa merupakan unsur penilaian dengan kejelasan rasa yang paling rendah jika dibandingkan dengan penilaian terhadap kriteria lain seperti tema, diksi, dan tipografi. Pembaca memberikan pemaknaan yang berbeda-beda terhadap puisi Distilasi Alkena (2016), pemaknaan yang dominan diberikan ialah tentang asmara. Adapun latar belakang ilmu pendidikan yang dimiliki pembaca dalam bidang Sastra atau khususnya Sastra Indonesia, menunjukkan pengaruh secara signifikan terhadap pemaknaan yang diberikan.  

Kata kunci: resepsi pembaca, tekstual,  puisi 

×
Penulis Utama : Agung Satrio Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214003
Tahun : 2020
Judul : Resepsi Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UNS Angkatan 2016 Terhadap Puisi Distilasi Alkena (2016) Karya Wira Nagara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi : 61 p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Program Studi SastraIndonesia-C0214003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Albertus Prasodjo, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.